Minum Kopi Saat Hamil, Apakah Boleh?

Minum Kopi Saat Hamil, Apakah Boleh? – Menikmati kopi di pagi hari mungkin menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Selain itu juga kopi biasa diminum untuk menghilangkan kantuk baik di malam maupun di siang hari. 

Namun bagi anda ibu hamil sebaiknya tidak terlalu banyak mengkonsumsi kopi di masa kehamilan. karena dengan mengkonsumsi kopi sebanyak 2 cangkir perhari di masa kehamilan dapat meningkatkan resiko leukimia pada bayi yang sedang dikandung.

Minum Kopi Saat Hamil
Minum Kopi Saat Hamil

Minum Kopi Saat Hamil

Ada beberapa mitos dan kesalah fahaman minum kopi saat hamil akan membahayakan janin mereka. Memang itu benar tetapi jika Anda tidak bisa mengendalikan asupan kopi yang akhirnya meningkatkan jumlah kafein dalam tubuh.

Minum Kopi Saat Hamil 8 bulan, Apa Resikonya?

Sebenarnya tidak hanya saat hamil 7 sampai 8 bulan tetapi berlaku bagi Ibu hamil muda. Suatu studi dan penelitian pada tahun 2008 menemukan bahwa wanita hamil yang mengkonsumsi kafein lebih dari 200mg dalam sehari memiliki resiko dua kali lipat keguguran hal tersebut juga menunjukkan bahaya kopi untuk wanita hamil. 

Namun tidak semua penelitian menunjukkan hal yang sama dan bahkan ada sebuah studi menunjukkan bahwa tidak ada hubungannya antara kafein dengan resiko keguguran dan resiko janin jika ibu hamil minum kopi.

Ada sebuah studi di Denmark menyimpulkan ibu hamil minum kopi lebih dari 8 cangkir memiliki resiko bayi meninggal saat di lahirkan.
Dan penelitian lainnya menunjukkan minum kopi saat hamil atau konsumsi kafein lebih dari 500 mg dalam sehari akan memiliki detak jantung yang sangat cepat dan akan selalu terjaga dan tidak bisa tidur terutama ketika saat melahirkan.

Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara konsumsi kafein yang tinggi dan sedikit penurunan berat lahir bayi. Dan tidak ada hubungan antara konsumsi kafein dan kelahiran prematur.

Ibu hamil minum kopi dan konsumsi kafein terlalu banyak akan meningkatkan denyut jantung yang bisa menyebabkan Ibu hamil merasa selisah dan bisa juga menyebabkan insomnia. Dan perlu di ngat juga kafein bisa berkontribusi untuk sakit maag Anda dengan cara merangsang sekresi asam lambung.

Catatan juga bagi Ibu hamil yang minum kopi dan teh. Minuman kopi dan teh mengandung senyawa yang di sebut fenol yang akan membuat tubuh Anda akan kesulitan menyerap zat besi. Hal ini sangat penting dan perlu di perhatikan bahwa Ibu hamil yang mempunyai rendah zat besi lebih baiknya menghindari konusmsi kopi dan teh.

Minum Kopi Saat Hamil Jadi Boleh Atau Tidak?

Ya boleh saja selama hamil Anda menikmati secangkir kopi yang nikmat. Tetapi Anda perlu membatasi sekitar 200 mg per hari asupan kafein atau maksimal Anda hanya bisa menikmati 2 cangkir kopi saja dalam sehari.

Sangat di sarankan sebelum minum kopi selalu melihat berapa kandungan kafeinnya. Jangan sampai konsumsi kafein lebih dari 200 mg perhari yang bisa menyebabkan keguguran atau berat badan rendah pada bayi.

Jika Anda khawatir dengan kondisi kandungan Anda karena kafein, Anda bisa mengurangi konsumsi kafein dengan cara membuat kopi setengah porsi dari biasanya. Misalnya biasanya pada saat belum Hamil Anda konsumsi 1 sachet kopi, saat hamil Anda bisa menyeduhnya menjadi 2 kali atau ½ sachet sekali seduh.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Minum Kopi Saat Hamil, Apakah Boleh?"

Posting Komentar